Urutan materi pendidikan ( Pembelajaran)

1. Pendekatan prosedural

Urutan materi pembelajaran secara prosedural menggambarkan langkah langkah secara urut sesuai dengan langkah langkah melaksanakan suatu tugas. Misalnya langkah - langkah dalam melaksanakan " Penelitian social "

Contoh : Urutan prosedural ( tata cara ) pada mata pelajaran sosiologi , peserta didik harus mencapai standar kompetensi . " Mempraktikan metode penelitian sosial " . Agar peserta didik berhasil mencapainya , harus  melakukan langkah langkah berurutan mulai dari cara merancang metode penelitian sosial , hasil penelitian sosial , mengkomunikasikan hasil penelitian nasional . Prosedur penelitian tersebut dapat di sajikan dalam materi pembelajaran sebagai berikut ;
Materi pembelajaran : menyusun rancangan penelitian .
Urutan materi :
- Menentukan topik penelitian
- Perumusuhan masalah , judl , dan pertanyaan pertanyaan penelitian
- Mentetapkan tujuan penelitian
- Memilih subjek penelitian ( populasi dan sampel)
- Mengenali jenis data penelitian
- Menentukan metode penelitian

2. Pendekatan Hierarkis

Urutan materi pembelajaran secara hierarkis menggambarkan urutan yang bersifat berjenjang dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah . 
Menyusun rancangan penelitian  agar peserta didik mampu menyusun rancangan penelitian , peserta didik terlebih dahulu harus mempelajari konsep konsep dasar ilmu pengetahuan yang mengcangkup. 

- Kenyataan
- Fakta
- Fenomena atau gejala
- Masalah
- Data
- Bukti / evidence
- Asumsi
- Hipotesis
- Generalisasi
- Proposisi
- Potsulat
- Teori dan
- Konsep

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cakupan materi pendidikan

Pendidikan Moral Dalam Kehidupan Manusia

Karakter Yang Harus Dimiliki Siswa Dalam Pendidikan Karakter Bangsa