Urutan materi pendidikan ( Pembelajaran)
1. Pendekatan prosedural
Urutan materi pembelajaran secara prosedural menggambarkan langkah langkah secara urut sesuai dengan langkah langkah melaksanakan suatu tugas. Misalnya langkah - langkah dalam melaksanakan " Penelitian social "
Contoh : Urutan prosedural ( tata cara ) pada mata pelajaran sosiologi , peserta didik harus mencapai standar kompetensi . " Mempraktikan metode penelitian sosial " . Agar peserta didik berhasil mencapainya , harus melakukan langkah langkah berurutan mulai dari cara merancang metode penelitian sosial , hasil penelitian sosial , mengkomunikasikan hasil penelitian nasional . Prosedur penelitian tersebut dapat di sajikan dalam materi pembelajaran sebagai berikut ;
Materi pembelajaran : menyusun rancangan penelitian .
Urutan materi :
- Menentukan topik penelitian
- Perumusuhan masalah , judl , dan pertanyaan pertanyaan penelitian
- Mentetapkan tujuan penelitian
- Memilih subjek penelitian ( populasi dan sampel)
- Mengenali jenis data penelitian
- Menentukan metode penelitian
2. Pendekatan Hierarkis
Urutan materi pembelajaran secara hierarkis menggambarkan urutan yang bersifat berjenjang dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah .
Menyusun rancangan penelitian agar peserta didik mampu menyusun rancangan penelitian , peserta didik terlebih dahulu harus mempelajari konsep konsep dasar ilmu pengetahuan yang mengcangkup.
- Kenyataan
- Fakta
- Fenomena atau gejala
- Masalah
- Data
- Bukti / evidence
- Asumsi
- Hipotesis
- Generalisasi
- Proposisi
- Potsulat
- Teori dan
- Konsep
Komentar
Posting Komentar